Minggu, 15 September 2019

Urgensi Sekolah Umrah


        Setiap bicara umrah, aku teringat pada sebuah kejadian lucu yang kualami. Kami berangkat miqot umrah dari Masjid Birr Ali Madinah, perjalanan darat dengan bus Medinah – Mekah, tibalah kami di Masjidil Haram untuk menyempurnakan ibadah umrah dengan tawaf, sai dan tahallul. Selesai kami melaksanakan tawaf dan bersiap untuk sai, seorang jamaah laki-laki sambil mendorong kursi roda ibunya minta ijin untuk sai sendiri, tidak bersama rombongan. Ustaz pembimbing mengijinkan karena jamaah dengan kursi roda memang punya jalur sendiri. Saat rombongan kami telah menyelesaikan sai dan tahallul, kami lihat laki-laki itu masih mendorong kursi roda ibunya dengan setengah berlari. Usut punya usut dia menghitung satu putaran sai itu dari Shofwa – Marwa – kembali ke Shofwa. Setelah 7 kali hitungan bolak balik Shofwa – Marwa berarti 14 kali, dia tambah lagi jalan dari Shofwa ke Marwa, berarti 15 kali putaran sai dia lakukan. Inilah akibat tidak memahami manasik umrah, kejadiannya bisa fatal.

Di lain kesempatan saat menunaikan haji tahun 2009, saya mendengar percakapan dua orang jamaah laki-laki menjelang sholat subuh. Dari logatnya sepertinya dari Sumatra Utara.
Jamaah A: “Bang, aku tadi berhasil mencium hajar aswat.”
Jamaah B: “Hebat kali kau. Emang hajar aswat yang mana sih?”
Jamaah A: “Itu kan yang kayak kurungan ayam!” (maksudnya mungkin Maqam Ibrahim)
Aku dan Ustaz pembimbingku hanya tersenyum mendengar percakapan itu. Inilah akibat tidak memiliki ilmu yang benar tentang  Ka’bah dan bagian-bagiannya.
            
Safari Indah Wisata (SIW) membuka Sekolah Umrah. Alhamdulillah, ini menjadi solusi bagi masyarakat muslim yang ingin mereguk ilmu tentang ibadah umrah dan seluk beluk tanah suci. Dengan ilmu yang cukup maka keberkahan umrah akan semakin terasa.


         Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan Sekolah Umrah ini di antaranya:

1. Peserta akan memahami ilmu tentang umrah.
Ilmu tentang umrah/haji sama pentingnya dengan ilmu tentang syahadat, sholat dan puasa.  Karena itu harus dipelajari oleh setiap muslim, walaupun belum mendaftarkan diri untuk haji dan umrah. Dengan memahami syarat dan rukun haji/umrah serta hikmah dalam setiap ritual ibadah haji/umrah, maka peserta akan semakin menguatkan azzam (tekad) untuk mempersiapkan diri dalam perjalanan haji/umrahnya.

2. Peserta akan memahami seluk beluk tanah suci.
Al Haramain, dua tempat suci, Mekah dan Madinah adalah kota yang luar biasa keutamaannya. Tetapi bagi yang tidak faham, mungkin dia akan memandang Al Haramain ini tidak ada bedanya dengan kota-kota lain di dunia. Karenanya diperlukan sebuah kajian untuk memahamkan keutamaan dua tempat suci dalam sebuah majelis. Bisa saja seseorang membaca dan melihat itu semua dari buku atau internet, tetapi tidak akan bisa memahami sepenuhnya tanpa panduan dari seorang guru yang memang sudah mengenal betul seluk beluk tanah suci dan Sirah Nabawiyah. Disinilah Sekolah Umrah bisa menjadi sarana belajar bagi masyarakat muslim untuk memahami Sirah Nabi SAW dan seluk beluk tanah suci.

3. Peserta akan mendapatkan keberkahan Allah SWT dengan mengkaji ilmu.
Allah SWT memuji orang-orang yang duduk dalam majelis ilmu dan membanggakan mereka di hadapan malaikat-malaikat-Nya. Keberkahan majelis ilmu tidak bisa digantikan oleh youtube dan media sosial lainnya, walaupun yang diputar adalah ceramah para ustaz. Dalam Islam, cara mengkaji ilmu yang benar adalah dengan tatap muka langsung (talaqi). Sekolah Umrah adalah sarana talaqi ilmu dari para ustaz kepada peserta.

4. Peserta akan lebih ikhlas dan ihsan dalam perjalanan umrah.
Setelah ilmu yang didapatkan dari Sekolah Umrah tersampaikan kepada peserta, maka para peserta yang hakekatnya adalah calon jamaah umrah/haji sudah siap untuk melakukan perjalanan haji/umrah.  Tinggal menunggu panggilan Allah SWT, karena Allah akan memanggil para Tamu Allah (Duyufurrahman) sesuai dengan kehendak-Nya.

Perjalanan haji/umrah menjadi sangat berkesan, manakala rombongan itu terdiri dari orang-orang yang betul-betul ikhlas niatnya karena Allah SWT semata dan mereka sudah faham dengan detail syarat dan rukun haji/umrah.
Ahlan wa sahlan, para Tamu Allah (Duyufurrahman) di tanah suci yang diberkahi. Semoga ibadah kita diterima Allah SWT. Aamiin.

@aburobbani




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waktu Terbaik untuk Berangkat Umrah

Setiap keluarga Muslim bisa memilih waktu terbaik untuk berangkat umrah. Berbeda dengan haji yang hanya bisa dilaksanakan di bulan haji (Dzu...