Kamis, 12 September 2019

Hangout Umroh, Kenapa Tidak?

Setiap manusia membutuhkan saat-saat me-refresh dirinya untuk membangkitkan semangatnya. Ketika beban pekerjaan bertumpuk, ketika permasalahan hidup menggelayuti, ketika fikiran kita terasa tumpul, saat itulah kita butuh menyegarkan hati dan fikiran kita.

Pilihannya adalah hang out, berkumpul bersama teman-teman yang seide atau komunitas tertentu. Kalau sudah berkumpul biasanya muncul ide mengadakan perjalanan wisata, touring, dan sebagainya. Oleh karena itulah di akhir pekan biasanya kita menjumpai sekelompok masyarakat mengadakan perjalanan dengan sepeda, sepeda motor atau mobil dengan tujuan tertentu.

Buat komunitas muslim, salah satu pilihan yang mungkin bisa dilakukan adalah hangout dengan umroh bersama. Pertanyaannya mungkin, kenapa umroh?

Beberapa keuntungan jika sebuah komunitas muslim mengadakan umroh bersama di antaranya:

1. Perjalanan ibadah. Hidup adalah untuk ibadah, semangat ini membuat perjalanan jadi terasa bernilai di hadapan Sang Pencipta. Tak perlu ada kekhawatiran selama perjalanan umroh, karena semuanya diniatkan ibadah kepada Allah SWT.

2. Menguatkan ikatan komunitas dengan ikatan Allah SWT. "Allah yang mengikatkan hati-hati orang yang beriman" (Q.S. Al Anfaal : 63). Sesungguhnya ikatan-ikatan yang selain ikatan Allah adalah ikatan yang lemah. Oleh karenanya kita berharap dengan perjalanan umroh bersama maka ikatan komunitas muslim ini menjadi kuat dengan ikatan Allah SWT.

3. Pengalaman ruhani yang luar biasa. Perjalanan umroh penuh dengan makna yang luar biasa, amazing trip. Oleh karenanya setiap episode perjalanannya akan ada hikmah yang bisa kita ambil. Diperlukan seorang pembimbing yang mumpuni agar bisa menggali hikmah perjalanan.

4. Napak tilas perjuangan Rasululllah SAW. Perjalanan umroh di antara dua tempat suci (Al Haramain) Mekah dan Madinah adalah napak tilas perjuangan Rasulullah SAW selama 23 tahun masa kenabian. Di tempat inilah Rasulullah SAW membangun dasar-dasar peradaban Islam hingga menyebar ke seluruh dunia.

Masih banyak keuntungan dari hangout umroh bersama ini. Kenikmatan umroh hanya bisa dirasakan oleh mereka yang telah merasakannya. 

@aburobbani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waktu Terbaik untuk Berangkat Umrah

Setiap keluarga Muslim bisa memilih waktu terbaik untuk berangkat umrah. Berbeda dengan haji yang hanya bisa dilaksanakan di bulan haji (Dzu...