Senin, 23 September 2019

Waktu Terbaik untuk Berangkat Umrah

Setiap keluarga Muslim bisa memilih waktu terbaik untuk berangkat umrah. Berbeda dengan haji yang hanya bisa dilaksanakan di bulan haji (Dzulhijah), umrah bisa dilaksanakan sepanjang tahun. Hanya regulasi Kerajaan Arab Saudi menutup visa umrah sebelum, saat dan sesudah bulan haji untuk melayani jamaah haji. Inilah waktu terbaik untuk merencanakan umrah:

1. Bulan Ramadhan.
Bulan Ramadhan adalah waktu favorit untuk melaksanakan umrah. Itu dikarenakan keutamaan umrah pada bulan Ramadhan, sebagaimana hadits Rasulullah SAW,"Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji" (H.R. Bukhari Muslim).
Oleh karenanya umrah di bulan Ramadhan biasanya sangat padat. Umrah Ramadhan biasanya terbagi tiga waktu : awal, tengah dan akhir. Semakin mendekati akhir Ramadhan semakin padat. Bagi Anda yang ingin melaksanakan Umrah Ramadhan pastikan anda sudah terdaftar jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan di travel yang terpercaya.

2. Umrah Maret-Mei.
Arab Saudi memiliki cuaca yang berbeda dengan di Indonesia. Disana ada dua musim yang sangat ekstrim, musim panas yang suhunya bisa mencapai 45 derajat Celcius dan musim dingin yang suhunya bisa mendekati 0 derajat Celsius. Musim panas di Saudi biasa terjadi pada bulan Maret hingga Agustus. Sedangkan musim dingin biasanya terjadi antara September hingga Februari. Namun yang terpenting adalah persiapan kita untuk melaksanakan ibadah umrah disesuaikan dengan musim-musim tersebut.
Di bulan Maret hingga Mei cuaca di Arab Saudi tidaklah terlalu panas atau dingin. Pada siang hari cuaca tidak terlalu panas dan pada malam hari tidak terlalu dingin. Kenyamanan dalam cuaca tentunya mempengaruhi kekhusukan dalam beribadah.

3. Awal dan akhir tahun Masehi.
Awal tahun juga bisa dimanfaatkan untuk berangkat umrah. Anda bisa memotivasi diri untuk mengawali langkah yang tahun yang baru untuk melangkah menjadi lebih baik dengan ibadah umrah, sehingga bisa memicu diri berbuat lebih baik lagi dalam ibadah.
Akhir tahunpun bisa menjadi pilihan untuk ibadah umrah. Apalagi biasanya ada libur akhir tahun dan cuti bersama yang cukup panjang. Banyak jamaah yang ingin melewatkan pergantian tahun di tanah suci untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, muhasabah (evaluasi diri) atas apa yang sudah dilakukan setahun sebelumnya.

4. Menjelang dan setelah musim haji berakhir.
Sekalipun biasanya pemerintah KSA menutup izin umrah pada sekitar musim haji, tetapi biasanya ada travel yang menawarkan pemberangkan pada waktu-waktu tersebut dengan visa khusus. Keuntungannya adalah suasana di tanah suci tidak terlalu padat dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, sehingga ibadah anda akan lebih khusyuk.

5. Musim liburan sekolah.
Anda ingin umrah bersama keluarga? Inilah waktu yang tepat untuk melaksanakannya. Biasanya travel menyediakan paket keberangkatan yang disesuaikan dengan jadwal liburan sekolah. Daripada mengajak liburan ke Eropa, Amerika atau tempat-tempat lain yang tidak ada manfaat secara ruhani, maka Umrah Liburan Sekolah adalah pilihan tepat. Anda bisa mengajak beribadah umrah sekaligus mengenalkan anak-anak napak tilas perjuangan Rasulullah SAW menegakkan Islam.

Kesimpulannya sepanjang tahun adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan umrah. Pilihannya kembali kepada anda dan keluarga dan sesuaikan persiapannya sesuai dengan kondisi di Saudi Arabia. Semoga umrah Anda dan keluarga maqbul. Aamin.

24 Muharam 1441 H

@aburobbani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waktu Terbaik untuk Berangkat Umrah

Setiap keluarga Muslim bisa memilih waktu terbaik untuk berangkat umrah. Berbeda dengan haji yang hanya bisa dilaksanakan di bulan haji (Dzu...